Ibadah merupakan suatu kewajiban seorang hamba kepada sang khaliq. Kata ibadah berasal dari bahasa Arab
yang mengandung arti bakti ataupun pengabdian seorang hamba terhadap yang maha pencipta
yaitu Allkah SWT. Sebagai seorang yang beragama Islam ibadah puasa merupakan
ritual tahunan yang harus dijalankan. Puasa merupakan rukun Islam yang keempat,
dalam pelaksanaannya ada beberapa ketentuan yang harus dipahami, ditaati dan dijalankan.
Hal yang demikian itu meliputi syarat, rukun dan sunah puasa.Ibadah puasa yang
dikerjakan oleh seseoarang tidak hanya menahan haus dan lapar juga harus bisa
menahan hawa nafsu yang dimiliki oleh orang tersebut, sehingga setelah melaksanakan
ibadah puasa seseorang itu menjadi fitri ( bersih) secara dhohir dan batin
Pelaksanaan pembelajaran yang
diterapkan penulis pada materi puasa Ramadhan untuk kelas VIII (delapan) di SMP
N 2 Kaliwungu Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal menggunakan metode model
MAMA ( Make a Match), yang artinya mencari pasangan. Dikutip dari Pendidikan merah
putih.blogspot.com, Make a macth adalah teknik mengajar dengan mencari pasangan
melalui kartu pertanyaan dan jawaban yang harus ditemukan dan didiskusikan oleh
pasangan siswa tersebut. Metode pembelajaran dengan model Mama yang diterapkan oleh
penulis diharapkan agar materi yang disampaikan dengan mudah dan gampang dipahami
dan dimengerti oleh pesertadidik.
Metode model Mama ( Make a macth ) yang dilaksanakan dalam pembelajaran tahapan yang harus dilakukan meliputi ; Pertama, Sebelum pembelajaran dimulai guru mempersiapkan beberapa kartu yang sudah berisi tentang materi ( Puasa Ramadhan) yang akan disampaikan kepada siswa, kartu yang dibuat meliputi pengertian, syarat- syarat puasa, rukun puasa serta sunah- sunah yang dijalankan sewaktu berpuasa, yang setiap bagian ada kartu yang berisi soal dan ada bagian kartu yang berisi jawaban; Kedua, Setelah absen dan apersepsi dilaksanakan dan semua siswa sudah siap untuk masuk kemateri langkah yang dilakukan guru yakni membagi semua kartu kepada seluruh siswa, kemudian siswa diajak berfikir dengan kartu yang adaditangan mereka, untuk mendapatkan jawaban yang sesuai; Tiga,Tahapan berikutnya guru mengarahkan semua siswa untuk mencari pasangan kartu yang dipegangnyadengan kartu yang cocok dengan pasangan kartunya; Empat, Setelah semua siswa menemukan pasangan yang pas dan sesuai dengan kartu yang dipegangnya sebelum batas waktu akhir, biasanya guru memberi bonus( point nilai ) kepada siswa tersebut; Lima, Jika semua siswa sudah mendapatkan pasangan antara kartu soal dan kartu jawaban, kemudian guru menjelaskan tentang materi yang dipelajari disaat itu, dan siswa diharapkan dapat mengambil kesimpulan dari penjelasan yang disampaikan oleh guru.
Pembelajaran tentang materi Ibadah Puasa Ramadhan dengan
model Mama (Make a macth ) yang diterapkan penulis di kelas VIII semester II
ternyata lebih mengasikkan dan menyenangkan bagi semua siswa, karena setiap siswa
selain bermain dengan kartu yang mereka pegang, setiap siswa juga berfikir keras
untuk mencari pasangan dari kartu yang berada ditangannya. Mata pelajaran PAI dan BP
pada kurikulum 2013 berjumlah tiga jam pelajaran sangatlah efektif untuk penyampaian
materi kepada siswa, karena konsep yang dirancang oleh guru/penulis dapat terlaksana
sesuai yang diinginkan, terutama untuk materi puasa Ramadhan dengan metode
model Mama ( make a macth ) membuat pesertadidik antusias dan senang dalam mengikuti
pembelajaran di kelas,dan menjadikan peserta didik lebih mudah dan gampang memahami
materi yang disampaikan oleh guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar